Go !!

Explore yours Capability, to get Success . .

Zestful

Get an Achievement and become the Real Winner.

With English

Speak your mind, show your imagination and Change the World. . .
 

Welcome to English Club SMA N 1 Gadingrejo Website >> . .


We make this Blog, because We want to showing to public about English Club Extraculicular of Senior High School 1 Gadingrejo. More ever, in we achievement both competition and any other program of this organization. We think and we believe if we can do something which can make our school be best from the best, absolutly in English Language aspect.

"It's Time To be Better"
>>The One Step To Get Glory.....
IMPORTANT ANNOUNCEMENT to sharing with creator of this blog, you can visit in:
bacatrus.blogspot.com or
flash-rain.blogspot.com and this E-mail to sent your massage in:
roni.nathsue07@gmail.com
indraputra785@gmail.com
flash_rain@ymail.com
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Peraturan Lomba ECF SMAN 1 Gadingrejo 2010

Tuesday, October 12, 2010

ECF ( English Club Festival) 2010 
SMAN 1 Gadingrejo

Speech Competition

Peraturan Lomba Pidato Bahasa Inggris :

1. tidak menggunakan naskah orang lain
2. menggunakan tata bahasa Inggris yang baik dan benar
3. menyiapkan 3 rangkap naskah pidato untuk dewan juri saat tampil
4. menuliskan nama dan kelas di pojok kanan atas lembar naskah
5 diharapkan tidak membawa naskah saat tampil
6. peraturan juri tidak dapat diganggu gugat


format penilaian :

1. penampilan 50%
2. isi               30%
3. tata bahasa 20%


 
Scrabble Competition

Peraturan Umum :

·        1 tim terdiri dari 2 peserta yang dipilih secara acak melalui undian.
·        Seluruh regu yang terdiri dari 2 tim memiliki durasi tiap babak maksimal 60 menit.
·        Peserta akan diberi waktu maksimal 1 menit untuk berfikir dan merangkai petak – petak huruf yang dimiliki menjadi satu kata yang tercantum dalam kamus.
·        Peserta diharapkan hadir 15 menit sebelum Pertandingan dimulai dan apabila peserta datang terlambat / tidak hadir sampai 2 x 30 menit, maka peserta dianggap gugur dan di-diskualifikasi dari perlombaan.
·        Acuan Perlombaan menggunakan kamus ”Oxford Advance Learner’s Dictionary”
·        Peserta yang datang terlambat tanpa konfirmasi kepada panitia terlebih dahulu sedangkan perlombaan telah berlangsung akan mendapatkan pengurangan nilai sebanyak 15 % dari Skor yang diperoleh.
·        Bagi peserta yang saling memberikan jawaban kepada teman maupun lawan akan mendapatkan peringatan dari pengawas serta pengurangan skor sebanyak 30 %, dan apabila telah 2x mendapatkan peringatan maka akan langsung di-diskualifikasi dari perlombaan.
·        Ketika Pertandingan berlangsung peserta diharapkan jujur dan bersikap sopan santun.
·        Peserta yang membuat kegaduhan / keributan serta ketidaknyamanan dan mengganggu peserta lain ketika pertandingan berlangsung maka akan dikeluarkan dari ruangan.
·        Peserta yang tidak mengikuti Technical Meeting harus mengikuti hasil keputusan panitia.
·        Keputusan Juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Peraturan – Peraturan Permainan Scrabble

A. Peraturan Umum
        I.      Permulaan Pertandingan
1.      Sebelum pertandingan dimulai, juri (panitia pengawas) menghitung jumlah petak – petak huruf yang ada, sesuai dengan yang tercantum dalam papan Scrabble, disaksikan / dibantu oleh para pemain.
2.      Petak – petak huruf diletakkan didalam wadah / kotak yang tersedia dalam posisi terbalik / diaduk.
3.      Seorang pemain mewakili masing – masing tim untuk mengambil sebuah petak huruf secara acak. Pemain yang mendapatkan petak huruf paling awal (sesuai urutan Abjad) mempunyai hak untuk menentukan tempat duduk dan melangkah terlebih dahulu. Bila kedua belah pihak mendapatkan petak huruf yang sama, pengundian diulang kembali.
4.      Pasangan pemain duduk berhadapan.
5.      Setelah penentuan tempat, petak huruf diletakkan kedalam kotak kembali dan diaduk.
6.      Para pemain mengambil 7 petak huruf, pertandingan dimulai dari pertama melingkar ke sebelah kiri, sebagaimana giliran dalam sebuah pertandingan.

     II.      Saat Pertandingan Berlangsung
1.      Pemain 1 mengkombinasikan 2 atau lebih huruf yang dimilikinya untuk membentuk suatu kata. Penempatan kata pertama harus melewati kotak bintang ditengah papan. Selanjutnya, penempatan huruf – huruf hanya dapat dilakukan secara vertikal (menurun) dan Horizontal (mendatar).
2.      Setiap pemain mempunyai waktu sebanyak – banyaknya satu menit untuk melangkah pada gilirannya. Wasit akan memperingatkan pemain pada 30 detik menjelang berakhirnya waktu yang tersedia.
3.      Setelah seorang pemain melakukan gilirannya, wasit akan melakukan pencatatan Skor, kemudian waktu satu menit segera diberlakukan kepada pemain berikutnya.
4.      Jika seorang pemain kehabisan waktunya ataupun mengalami kesulitan untuk melangkah pada gilirannya, ia dapat menyatakan pass (tidak melangkah) dan diperbolehkan untuk mengganti seluruh petak hurufnya (Exchange), petak huruf pertama diletakkan terlebih dahulu kedalam kotak dan diaduk sebelum dilakukan pengambilan petak huruf yang baru. Penggantian tidak dapat dilakukan jika jumlah petak huruf di dalam kotak kurang dari 11 petak.
5.      Petak – petak huruf yang telah diletakkan di atas papan tidak dapat diambil kembali tetapi tetapi dapat disusun menjadi kata (yang tercantum dalam kamus) sebelum waktu giliran habis. Namun, jika waktu giliran habis sebelum selesai menyusun kata, maka huruf tersebut diambil kembali dan giliran tersebut dianggap ”pass” tetapi tidak boleh melakukan ”Exchange”.
6.      Jika seorang menyusun kata berdasarkan pemberitahuan orang lain, baik sengaja maupun tidak, maka wasit berhak membatalkan kata yang telah disusun dan memberi kesempatan kepada pemain tersebut untuk menyusun dengan kata yang baru.
7.      Suatu kata tidak boleh muncul lebih dari satu kali. Termasuk kata yang memiliki bentuk lain (kata kerja yang memiliki bentuk ke-2 dan ke-3), Contoh : “Axe” dan “Ax”, “do”  ”did” dan “done”.
8.      Bila suatu kata yang terbentuk di atas papan tidak mendapatkan protes (Objection) sampai pemain berikutnya melangkah, maka kata tersebut dianggap ”Legal” (benar).
9.      Bila suatu kata yang mendapatkan protes dari pemain lawan, maka wasit akan menghentikan permainan sementara dan memeriksa kata yang diprotes di dalam kamus.
10.  Jika kata yang diprotes terdapat di dalam kamus atau tidak menyalahi peraturan yang ada, maka pemain yang diprotes akan mendapat nilai tambahan satu kali lipat (sehingga nilai kata tersebut menjadi dua kali lipat atau dengan kata lain kata tersebut dikalikan 2).
11.  Jika kata yang diprotes tidak terdapat di dalam kamus atau menyalahi peraturan yang ada, maka petak huruf tersebut dikembalikan kepada pemain yang diprotes dan nilai yang telah diberikan dibatalkan serta pemain (yang memasang kata) tersebut kehilangan kesempatan melangkah dalam giliran itu. Dan, Skor yang diperoleh dari peletakkan kata yang diprotes diberikan kepada pemrotes.
12.  Pemain yang boleh melakukan protes hanya salah satu dari grup lawan. Pasangan grup yang sama tidak diperkenankan melakukan protes.
13.  Jika seorang mendapatkan 3 buah petak yang sama, ia berhak untuk menukarkan salah satu petak tersebut dengan menunjukkannya kepada wasit terlebih dahulu. Lalu, petak huruf tersebut dimasukkan ke dalam kotak dan pemain tersebut mengambil petak huruf yang baru. Jika huruf yang diambil sama maka pemain mengulangi prosedur tersebut sampai mendapatkan petak huruf yang berbeda (dengan sebelumnya).
14.  Pertandingan diberhentikan sementara, jika :
o       Ada protes yang memerlukan keputusan dewan juri.
o       Karena sesuatu hal papan scrabble dan petak – petak huruf yang sudah tersusun mengalami kecelakaan sehingga menjadi berantakan, pertandingan dilanjutkan setelah petak – petak tersusun kembali.
15.  Jika Pertandingan diberhentikan sementara, wasit akan menentukan apakah ada perpanjangan waktu atau tidak. Lamanya perpanjangan waktu ditentukan oleh wasit.
16.  Pertandingan berakhir, jika :
o       Waktu keseluruhan dari pertandingan telah mencapai 1 Jam.
o       Tidak ada kemungkinan melangkah lagi, yang ditandai dengan setiap pemain tidak dapat melangkah ; atau
o       Petak huruf yang dimiliki salah seorang pemain sudah habis digunakan dan tidak ada petak lagi yang tersisa di dalam kotak.
17.  Suatu Tim dianggap pemenang, jika :
o       Total skor kedua pemainnya (dalam satu tim) lebih tinggi dari total skor tim lawannya.
o       Tim lawan mengalami diskualifikasi.
o       Tim Lawan berhalangan hadir pada waktu yang telah ditentukan        (walk out).
18.  Bila pada akhir pertandingan, kedua tim memiliki total skor yang sama, maka pemenangnya adalah tim yang terbanyak melakukan ”Bingo”.
19.  Bila kedua grup berada pada posisi yang sama (jumlah bingonya sama), maka kedua tim harus melakukan tanding ulang untuk menentukan pemenangnya. Bila dalam tanding ulang total skor tetap sama, maka pemenangnya akan ditentukan dengan koin.
20.  Seusai pertandingan, semua pemain harus menandatangani kertas skor. Bila kertas skor telah ditandatangani maka hasil pertandingan tidak dapat diganggu gugat (kecuali kesalahan penghitungan skor).
21.  Selama pertandingan berlangsung, para pemain dilarang :
22.  Apabila pemain dianggap menghalangi, menghambat, atau mengganggu kelancaran pertandingan, wasit berhak mendiskualifikasi tim pemain tersebut.
23.  Keputusan wasit tidak dapat diganggu gugat.
24.  Setiap pemain hanya boleh membentuk 1 kata dalam setiap giliran, dan tidak boleh membentuk 2 kata atau lebih. Kecuali, jika pemain meletakkan 1 petak atau lebih petak huruf (dalam satu lajur) bisa sekaligus membentuk 2 kata atau lebih.

   III.      Penilaian
1.      Nilai kata yang melewati kotak bertanda bintang dikalikan dua (berlaku untuk pemasangan kata pertama yang legal).
2.      Pemberian skor didasarkan pada jumlah angka yang tercantum pada setiap petak huruf dengan hasil kombinasi ”kotak premi” yang digunakan.
3.      Nilai masing – masing huruf dijelaskan pada kolom ”keterangan tambahan”
4.      Petak huruf yang diletakkan diatas kotak premi nilainya akan diakumulasikan dengan aturan sebagai berikut :
Kotak yang bertuliskan :
- Double Letter Score   :  Nilai petak huruf yang terletak diatas kotak premi ini dikalikan 2 terlebih dahulu, baru kemudian dijumlahkan dengan petak huruf yang lain.
- Triple Letter Score      :  Nilai petak huruf yang terletak diatas kotak premi ini dikalikan 3 terlebih dahulu, baru kemudian dijumlahkan dengan petak huruf yang lain.
- Double Word Score    :  Keseluruhan petak huruf yang melewati kotak premi ini dijumlahkan terlebih dahulu, baru kemudian dikalikan 2
- Triple Word Score      :  Keseluruhan petak huruf yang melewati kotak premi ini dijumlahkan terlebih dahulu, baru kemudian dikalikan 3
5.      Semua Kotak premi hanya berlaku satu kali untuk petak huruf ”legal” pertama yang diletakkan. Langkah Selanjutnya menggunakan petak – petak huruf tersebut berdasarkan angka yang tercantuk pada petak hurufnya.
6.      Jika Kata / petak huruf yang melewati kotak premi tidak legal (melanggar aturan), maka kotak premi tersebut tetap berlaku untuk pemasangan kata / petak huruf legal selanjutnya. (Kotak bertanda bintang termasuk ke dalam Kotak Premi).
7.      Jika dua kata atau lebih terbentuk pada saat bersamaan (dari pemasangan 1 buah kata), maka skor dihitung per satuan kata.
8.      Bila salah satu pemain dapat membentuk kata dengan mempergunakan 7 petak sekaligus (Bingo), maka selain nilai kata-nya, pemain tersebut akan mendapatkan tambahan poin sebesar 50.
9.      Jika Kata ”Bingo” tersebut diprotes dan terbukti salah, maka semua nilai kata dan poin tambahannya akan diberikan kepada pemain yang melakukan protes.
10.  Pada akhir pertandingan, jumlah nilai yang diperoleh setiap pemain akan dengan nilai petak yang tersisa milik masing masing pemain. Kecuali, pemain yang menghabiskan petak hurufnya terlebih dahulu, maka pemain tersebut akan mendapatkan tambahan poin dari petak huruf tersisa milik pemain lawannya.
11.  Pada akhir pertandingan, nilai yang dicapai masing – masing pemain dari tim yang sama akan dijumlahkan untuk menentukan tim yang menang.




B. Peraturan Khusus
        I.      Pembentukkan kata – kata tidak diperkenankan dengan :
§         Penambahan preffix : ”a-”, ”hyper-”, ”inter-”, etc.
§         Penambahan Suffix    : “-able”, “-full”, “-in”, etc.
§         Penambahan “-ing”, “-ed/-d dan “-es/-s”,
Kecuali bila disertai petak huruf lain yang membentuk kata dan / arti baru.
Catatan : dalam pembentukan kata baru,  3 aturan khusus (butir 1) diatas tidak berlaku (Lihat Contoh)
     II.      Kata – Kata yang tidak boleh digunakan
§         Tangga nada (do, re, mi, fa, sol, la, ti) kecuali kata ”Do”
§         Kata seru (Interjection/Exclamation) : Wow, Oh, Hi, etc.
§         Kata –kata singkatan (Abbr.) dan yang memerlukan apostrop (’)

C. Lain – Lain
1.   Ketentuan – ketentuan yang belum tercantum di atas, maka ditentukan oleh dewan juri (Panitia Pengawas).
2. Dengan mendaftarkan diri, pemain berarti menyetujui peraturan yang telah ditetapkan.
Kategori Penilaian : Berdasarkan akumulasi total Skor 100 %



Keterangan Tambahan :
-   Objection : Protes yang dilakukan salah satu tim terhadap kata / petak huruf yang disusun pemain lawannya.
-   Exchange :   Hak pemain untuk menukar petak beberapa hurufnya dengan petak yang lain (dengan izin Juri).
-   Legal : Kata yang dianggap sah / benar sesuai dengan aturan juri.
      - Illegal : Kata yang dianggap tidak sah / tidak sesuai dengan aturan juri.

Untuk yang ingin mendownload Peraturan ECF Scrabble Competition,
Silahkan klik disini

0 Comment:

Post a Comment